top of page

Coffee Shop, Gaya Hidup Milenial 2019


Tahun 2019 ini merupakan tahun transformasi beberapa bisnis. Salah satu bisnis yang sangat digemari adalah bisnis coffee shop. Coffee shop mulai ada sekitar tahun 2015. Saat itu tak banyak coffee shop yang muncul, hanya satu dua saja yang berdiri. Itupun tak melulu menjual kopi. Coffee shop ini mulai mucul akhir tahun 2018 dan menjamur pada tahun 2019, hampir di setiap sudut jalan dapat dijumpai.


Belakangan, tren coffee shop hadir diikuti dengan coworking space, yang berarti tempat kerja dengan cara saling berbagi tempat. Tempat ini menyediakan tempat yang nyaman nan luas bagi pengunjungnya agar betah berlama-lama ditempat ini mengerjakan sesuatu, baik itu mengerjakan tugas kuliah juga pekerjaannya. Mengapa coworking space berkaitan dengan coffee shop? Di karenakan coworking space ini menyediakan menu berbagai kopi.


Bisa di katakan gaya hidup saat ini sangat memudahkan dan menyediakan kaun milenial untuk berinteraksi melalui coffee shop atau coworking space. Tak hanya untuk nongkrong dengan teman, tapi sekaligus juga menyediakan tempat baru untuk meeting dengan client, dan juga untuk mengerjakan tugas dengan suasana yang berbeda. Biasanya coffee shop atau coworking space menyediakan free wi-fi, stop kontak, dan juga smoking area/non-smoking area, sehingga memudahkan pelanggan untuk bekerja. Selain fasilitas diatas yang didapatkan pelanggan, beberapa menu minuman terutama kopi yang dapat menjadi teman.


Gaya hidup anak muda saat ini cenderung berorientasi pada presitise dan kedudukan. Menurut salah satu jurnal penelitian dari UIN, “segala sesuatu yang menimbulkan kesan modern dan membawa prestise cenderung diminati oleh remaja. Gaya hidup yang berorientasi pada kesenangan dan hura-hura tanpa memikirkan dampaknya lebih jauh itu disebut dengan gaya hidup hedonis. Gaya hidup ini berpandangan bahwa kita harus menikmati apa yang ada di dunia ini dengan sepuas-puasnya.”



Selain kecenderungan tersebut, generasi milenial terutama mahasiswa, sangat diuntungan dengan adanya coworking space karena berbagai fasilitasnya. Pertama karena kecepatan internet, kenyamanan suasananya menyejukkan visual mata, dan juga menu minuman atau camilannya. Itulah beberapa faktor coffee shop menjadi salah satu gaya hidup milenial saat ini.

1 view0 comments

Comments


bottom of page