top of page

Jangan Ngaku Anak 90an kalau Belum Nonton 6 Sinetron Ini

Di tahun 90an banyak sekali tontonan sinetron yang disajikan oleh stasiun televisi swasta. Mulai dari genre komedi, keluarga, asmara, dua dunia lain, dan lain-lain. Salah satu yang paling digemari adalah sinetron-sinetron yang berimbuhan Ter…. Seperti Tersanjung, Tersayang, dll. Berikut 6 sinetron yang wajib ditonton oleh kaum generasi 90an.


1. Tersanjung

Gambar : www.palembang.tribunnews.com (Minggu, 01/12/19)


Siapa sih yang tidak tahu sinetron ini, sinetron yang diproduksi Multivision Plus dan biasanya diputarkan di Indosiar. Sinetron yang sempat masuk MURI sebagai “Drama Sinetron Terpanjang di Indonesia” pada masanya ini ditayangkan sebanyak 360 episode dengan rentang tujuh musim dari tahun 1998 hingga 2005. Sinetron ini menceritakan tentang Indah seorang gadis yatim piatu yang hamil diluar nikah dan segala persoalanan hidupnya. Dibintangi oleh lulu Tobing, Ari Wibowo, Jeremy, Leily Sagita, Mega Utami, dll.


2. Si Manis Jematan Ancol


Selanjutnya ada sinetron horror komedi yang sangat legendaries, yaitu Si Manis Jembatan Ancol. Sinetron ini sempat diputaran di dua stasiun TV berbeda dengan judul berbeda pula, yaitu “Kembalinya Si Manis Jembatan Ancol” di RCTI dan “Mariam, Si Manis Jembatan Ancol di Indosiar. Dalam sinetron ini, menceritakan tentang dua hantu yaitu Mariam (si manis) dan Karina yang berusaha menyelematan Gilang untuk kembali ke tubuhnya yang sedang koma. Walaupun peran “si manis” dibintangi dua orang berebda, namun untuk peran “hantu kemayu botak” tetap diperankan oleh Ozzy Saputra.


3. Jin&Jun


Sinetron yang diperankan Sahrul Gunawan ini bercerita tentang petualangan Jun (Junaidi) bersama om Jin yang ditemukan di laut Kidul, dengan karpet ajaib yang selalu digunakannya berangkat ke sekolah. Selain itu, di sinetron ini juga dibintangi oleh Mira Asmara, Misye Arista, dan Fuad Baradja. Jin & Jun perdana ditayangkn di RCTI pada tanggal 14 Mei 1996.


4. Gara gara


Bercerita tentang kehidupan rumah tangga, dimana si suami yang memiliki sifat genit suka menggoda pembantu tetangganya serta si istri yang setiap hari kerjaan selalu mengomel. Diperangakn oleh Jimmy Gideon, Lydia Kandou, dan Sion Gideon, sinetron ini berhasil membuat pemirsanya terhibur. Adegan yang ditunggu-tunggu dari sinetron ini ialah saat Jimmy Gideon dengan donat-donat menempel di matanya.


5. Si Doel


Ini adalah sinetron yang paling ditunggu-tunggu para pemirsa di RCTI setiap hai Senin-Jumat pukul 08.00 WIB. Berlatar tentang keluarga betawi yang ketinggalan jaman, Doel menjadi anak kebanggaan keluarga yang menempuh pendidikan hingga perguruan tinggi. Keberhasilan dari sinetron bergendre drama ini, dikarenakan permasalahan yang diangkat memang persoalan sehari-hari di masyarakat. Keluarga yang terdiri dari Babe Sabeni, Maknyak, Mandra (adik Maknyak), Atun (Adik Doel), dan Doel ini membuat pemirsanya ketagihan dengan tingkah tiap karakternya yang memiliki cirikhas masing-masing.


6. Keluarga Cemara


Diangkat dari novel karya Arswendo Atmowiloto, sinetron ini bercerita tentang keluarga sederhana yang berisi Abah, Mak, Teh Euis, Ara, dan Agil sebagai anak terakhirnya. Sinetron ini ditayangkan pada tanggal 6 Oktober 1996 pertama kali ini TVRI hingga tamat pada tanggal 28 Februari 2005. Dengan lagu andalannya “Harta yang paling berharga adala keluarga” membuat pemirsa selalu ingat keluarga cemara bila lagu tersebut diputar, bahkan hingga saat ini. Diperankan oleh Adi Kurdi, Novia Kolopaking, Anneke Putri, Ceria Hade, Anisa Fujianti selalu membuat pemirsa terbawa dengan setiap persoalan yang ada di keluaga tersebut.

6 views0 comments

Comments


bottom of page